+6289-627-868-764 ahmaddwialfian@gmail.com

Saturday, July 23, 2016

NASA Kembali Temukan Ratusan Planet Baru

5:15 PM


Setelah berhasil menemukan lebih dari 1.200 planet pada bulan Mei 2016 kemarin, NASA kembali mengumumkan bila wahana antariksa Kepler kembali menemukan lebih dari 100 planet baru.

Planet tersebut ditemukan sedang mengorbit bintang M Dwarf K2-72 yang berjarak 181 tahun cahaya dari Bumi.
Dari 104 planet yang telah diidentifikasi, NASA menemukan empat planet yang memiliki ukuran sebesar Bumi dengan permukaan berupa bebatuan. Menariknya, dua planet tersebut berada di habitable zone atau zona yang memungkinkan adanya air dan kehidupan. 

Keduanya mengorbit M Dwarf K2-72 dengan jarak lebih dekat dari Merkurius dan matahari. Namun karena M Dwarf K2-72 merupakan bintang yang jauh lebih kecil dan lebih dingin dari matahari, jarak tersebut sangat cocok untuk menopang kehidupan.

Menurut Popular Science, dua planet tersebut memiliki ukuran 20 hingga 40 persen lebih besar dari Bumi. Sementara untuk suhunya, satu planet memiliki suhu 10 persen lebih panas dan satu lagi 6 persen lebih dingin dari Bumi. Keduanya ditemukan saat Kepler menjalankan misinya untuk mengamati bagian tengah dari galaksi Milky Way.

Kepler diluncurkan pada tahun 2009 dengan misi utama mengamati planet di luar sistem tata surya kita. Wahana antariksa berupa teleskop tersebut berhasil menemukan lebih dari 5000 exoplanet di tahun 2012.

Kepler bekerja dengan mendeteksi gelombang yang dipancarkan oleh sebuah planet ketika sedang melewati bintang di orbitnya. Dari gelombang tersebut, imuwan NASA bisa memprediksi jarak serta posisi orbit dari planet tersebut.

Sumber : Metrotvnews.com
.

0 comments:

Post a Comment