+6289-627-868-764 ahmaddwialfian@gmail.com

Wednesday, July 27, 2016

Lima Fitur Terbaru Android Nougat

6:42 PM

Android N akhirnya diberi nama resmi Android Nougat oleh Google. Versi final sistem operasi ini diperkirakan akan tersedia pada sekitar akhir tahun 2016. Saat ini, yang tersedia barulah versi ketiga developer preview yang membuatnya bisa dipasang dalam semua perangkat Nexus.


Android Nougat dilengkapi dengan banyak peningkatan, yang banyak di antaranya berada “di belakang layar” alias tidak bisa diakses secara langsung oleh pengguna. Namun, ada lima peningkatan dalam Android Nougat yang membuatnya patut ditunggu. Apa sajakah?
Dukungan Multi-window
Pengguna Android Nougat kini akan bisa menampilkan dua aplikasi yang dijalankan bersamaan secara berdampingan dalam satu layar. Untuk mengakses hal ini, dari layar Recent apps, pengguna cukup menekan dan menahan aplikasi yang akan dijalankan. Begitu muncul prompt, tariklah aplikasi tersebut ke bagian atas layar. Lakukan langkah yang sama dengan aplikasi lain untuk mendapatkan dua aplikasi yang dijalankan berdampingan. Setelah selesai, kedua aplikasi itu akan tampil berdampingan dalam satu layar.
Namun, tidak semua aplikasi bisa dijalankan dengan cara ini sehingga pengguna harus melakukan percobaan sendiri. Untuk komputer tablet, pengguna bahkan bisa mengatur ukuran jendela aplikasi sesuai keperluan.
Direct Reply
Android Nougat juga menawarkan fitur Direct Reply yang memungkinkan pengguna menjawab sebuah pesan secara langsung via jendela notifikasi. Kemampuan ini bisa diakses via aplikasi messaging apa pun yang menggunakan Google API. Dalam aplikasi tertentu, pengguna bahkan bisa membuat pesan yang masuk tampil kembali beberapa saat kemudian atau mengabaikannya untuk dibaca nanti.
Quick Settings Lebih Cerdas
Jika versi Marshmallow menghadirkan Quick Settings, Android Nougat akan menghadirkan Quick Settings dinamis. Pengguna masih akan melihat ikon kecil yang menampilkan akses langsung ke fungsi-fungsi yang sering dipakai. Bedanya, dalam Android Nougat, pengguna bisa melakukan penyesuaian tentang setting mana yang akan ditampilkan dalam menu.
Satu sentuhan terhadap aneka ikon setting ini akan menampilkan informasi di dalam kotak notifikasi. Sementara menekan dan menahan ikon ini, akan membawa Anda ke panel Settings untuk menampilkan fitur yang tersedia di dalamnya. Contohnya, jika penasaran dengan durasi daya yang tersisa pada baterainya, pengguna bisa menekan dan menahan ikon baterai untuk melihat daya baterai yang tersisa (dalam jam).
Panel Settings yang Informatif
Panel Settings pada Android Nougat Settings masih memiliki tampilan yang mirip dengan versi sebelumnya, yakni berupa daftar berbagai opsi yang bisa dipilih pengguna. Bedanya, kini panel ini dilengkapi dengan keterangan singkat di bawah setiap kategori setting yang dipilih. Misalnya, jika pengguna memilih menu wireless & networks, akan ditampilkan banyaknya data dalam satuan gigabyte (GB) yang sudah dipakai.
Menu Recent Apps yang Memudahkan
Dalam Android Nougat, kini tersedia tombol Clear All untuk menghapus daftar aplikasi yang diakses baru-baru ini secara cepat.  Selain itu, Android Nougat kini juga memungkinkan pengguna menge-tap dua kali tombol Recent apps untuk mengakses aplikasi terakhir yang dipakai.
Android Nougat juga membatasi banyaknya aplikasi yang ditampilkan dalam menu Recent apps. Aplikasi yang tidak diakses selama jangka waktu tertentu tidak akan ditampilkan dalam menu ini. Meskipun demikian, belum ada penjelasan resmi tentang durasi tidak diaksesnya sebuah aplikasi sehingga layak digolongkan menjadi “jangka waktu tertentu” ini.
Sumber : infokomputer.com

0 comments:

Post a Comment